Header Ads

ad

Jambore Batik Warna Alam (Batik Tiara)

Batik Indonesia


Batik Tiara terbuat dari bahan alam, kulit pohon, kulit buah, akar, daun dan sejenisnya mampu diproses menjadi bahan dasar pewarna batik. Segi positif produksi bahan alami itu adalah ramah lingkungan, dan tidak berdampak kerusakan bagi lingkungan hidup. Melalui proses aktifitas batik warna alam itu, anggapan bahwa produksi batik berdampak pencemaran lilngkungan dapat ditepis. Bahan-bahan pewarna alam yang dipakai oleh para perajin batik adalah akasia, lerak, tinggi, jambal, jelawe, kulit pohon pace, alang-lang dan masih banyak lagi.

Batik Tradisional Indonesia
Sejak dinobatkan sebagai budaya asli oleh badan dunia UNESCO tahun 2009, batik tradisional indonesia (pekalongan) telah menjadi ikon nasional.Sekarang telah dirintis batik bermotif Tembakau dari Kota Temanggung kota asal tembakau bermutu tinggi. Mudah-mudahan batik yang satu ini tidak dirampok oleh Malingsia.  Kualitas batik erat kaitannya dengan bahanyang dipakai. Karenanya untuk membuat produk batik yang berkualtitas ditentukan oleh tujuan pemakaianya atau fungsinya dan harus mengetahaui sifat-sifat bahan yang akan digunakan agar dapat menentukan proses yang tepat dadn sesuai. Batik motif daun tembakau ini senakin banyak peminat dan konsumennya karena unik dan nyaman dipakai oleh berbagai kalangan. Namun masih  sedikit diproduksi oleh kalangana pengrajin batik maupun para pedagang batik di pasar-pasar grosir belum banyak menyediaakan batik motif  ini.

Batik merupakan salah ssatu warisan budaya asli bangsa Indonesia yang menjadi identitas bangsa dan harus dilestarikan. Sampai saat ini, kain batik masih digemari oleh masyarakat, dari batik yang dipakai sebagai busana, perlengkapan rumah tangga, benda-benda kriya, benda hias, hingga lukisan batik. Salah sastu wujud pelestaria terhadap warisan budaya seni batik adalah dengan mempelajari cara membuat batik dan mengembangkan menjadi komuditi ekonomi.
Bangga sebagai anak bangsa, batik telah ditetapkan sebagai budaya dunia. Oleh karenya harus tetap di lestarikan dan dipundi-pundi agar jangan sampai warisan adi luhung ini sia-sia dijarah negara lain sebagai budayanya. Jangan sampai bangsa Indonesia kehilangan jati diri dan identitas bangsa. Batik dijadikan sebagai ikon bangsa karenanya sangat tidak etis jika batik dipakai pakaian tradisi bangsa lain.